Alat Bantu dan Media Pendidikan Kesehatan dalam Promosi Kesehatan


ALAT BANTU DAN MEDIA PENDIDIKAN KESEHATAN

DALAM PROMOSI KESEHATAN

(dr. Nengah Adnyana Oka M., M.Kes)

            Upaya mewujudkan kesehatan masyarakat di Indonesia terutama dilakukan dengan  melakukan perubahan perilaku kesehatan melalui promosi kesehatan. Promosi kesehatan meliputi kegiatan pendidikan kesehatan disertai pemberdayaan masyarakat. Pendidikan kesehatan memiliki tujuan utama mengubah pengetahuan masyarakat agar terbentuk perilaku sehat sesuai yang diharapkan. Peningkatan pengetahuan kesehatan masyarakat diharapkan memicu sikap mendukung perilaku sehat, bila didukung faktor pemungkin dan pendorong akan membentuk perilaku sehat.

            Proses pendidikan kesehatan merupakan proses transfer informasi tentang kesehatan yang diharapkan melalui komunikasi. Komponen komunikasi tersusun atas pengirim dan penerima pesan, isi pesan, media dan efek dari pesan. Metode penyampaian pesan dalam komunikasi dapat berupa komunikasi satu arah maupun komunikasi dua arah. Media sebagai saluran informasi merupakan salah satu komponen penting dalam pendidikan kesehatan.

            Memilih media sebagai saluran menyampaikan pesan kesehatan dipengaruhi metode yang digunakan. Beberapa metode pendidikan kesehatan dikenal antara lain metode pendidikan perorangan, kelompok dan massa. Metode pendidikan perorangan dapat berupa bimbingan dan penyuluhan (konseling) serta wawancara. Metode pendidikan kelompok dapat dilakukan dengan ceramah, diskusi kelompok, curah pendapat, metode bola salju, permainan peran dan permainan simulasi. Metode pendidikan massa  umumnya bersifat tidak langsung (satu arah) seperti ceramah umum, pidato di media massa, simulasi, sinetron, tulisan di media massa, spanduk, poster, dan lain-lain.

            Media pendidikan kesehatan pada hakekatnya alat bantu pendidikan kesehatan. Menurut fungsi sebagai saluran pesan media pendidikan kesehatan dapat dikelompokkan atas media cetak, media elektronik dan media papan (billboard). Beberapa media cetak dikenal antara lain booklet, leaflet, selebaran (flyer), lembar balik (flip chart), artikel atau rubrik, poster dan foto. Media elektronik dapat berupa televisi, radio, video, slide, film strip dan sekarang dikenal internet. Media papan berupa baliho biasanya dipasang di tempat-tempat umum yang menjadi pusat kegiatan masyarakat.

Alat peraga yang dipergunakan dalam pendidikan kesehatan dapat berupa alat bantu lihat (visual), alat bantu dengar (audio) atau kombinasi audio visual. Penggunaan alat peraga memperhatikan tujuan penggunaannya (sederhana dan kompleks), sasaran, tempat dan penggunanya.

Strategi yang digunakan dalam pendidikan kesehatan meliputi langkah perencanaan, implementasi dan evaluasi. Strategi tersebut diuraikan meliputi kegiatan pemantapan sasaran, pengumpulan informasi masalah yang akan disampaikan, pengumpulan informasi tentang masyarakat, pengembangan dan implementasi serta evaluasi. Penentuan metode, media dan alat peraga diperlukan dalam kegiatan pengembangan dan implementasi.

Dengan memahami komunikasi khususnya alat peraga dan media pendidikan kesehatan diharapkan analis laboratorium mampu menyampaikan informasi kesehatan terutama preventif sehingga timbul perubahan perilaku kesehatan masyarakat agar lebih mendahulukan mencegah penyakit dan meningkatkan derajat kesehatan. Pendidikan kesehatan yang tepat akan mendorong peran analis laboratorium untuk mengajak masyarakat memanfaatkan profesi analis kesehatan bukan hanya pada saat sakit tetapi dimulai dari pencegahan penyakit serta meningkatkan kondisi kesehatannya melalui deteksi dini.

PENUGASAN

Setelah membaca makalah di atas, latihlah kompetensi anda dalam komunikasi pendidikan kesehatan khususnya di instansi atau lingkungan anda,

Buatlah satu alat peraga kesehatan sesuai kebutuhan lingkungan tempat kerja atau tempat tinggal anda. Perhatikan sasaran, tujuan, pengguna, media dan evaluasinya.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s