LEUKOSIT


LEUKOSIT

(Hari Saktiningsih, S.Pd.Bio)

Hitung darah lengkap atau darah perifer lengkap –DPL- (complete blood count/full blood count/blood panel) adalah jenis pemeriksan yang memberikan informasi tentang sel-sel darah pasien. Hitung darah lengkap merupakan tes laboratorium yang paling umum dilakukan. Hitung darah lengkap digunakan sebagai tes skrining yang luas untuk memeriksa gangguan seperti seperti anemia, infeksi, dan banyak penyakit lainnya.

HDL memeriksa jenis sel dalam darah, termasuk sel darah merah, sel darah putih dan trombosit (platelet). Pemeriksaan darah lengkap yang sering dilakukan meliputi:

  • Jumlah sel leukosit
  • Jumlah sel eritrosit
  • Hemoglobin
  • Hematokrit
  • Indeks eritrosit
  • jumlah dan volume trombosit

Hitung Leukosit

Hitung leukosit adalah menghitung jumlah leukosit per milimeterkubik atau mikroliter darah. Leukosit merupakan bagian penting dari sistem pertahanan tubuh, terhadap benda asing, mikroorganisme atau jaringan asing, sehingga hitung jumlah leukosit merupakan indikator yang baik untuk mengetahui respon tubuh terhadap infeksi.

Terdapat dua metode yang digunakan dalam pemeriksaan hitung leukosit, yaitu cara automatik menggunakan mesin penghitung sel darah (hematology analyzer) dan cara manual dengan menggunakan pipet leukosit, kamar hitung dan mikroskop.

Nilai normal leukosit:

Dewasa                : 4000-10.000/ µL

Bila jumlah leukosit lebih dari nilai rujukan, maka keadaan tersebut disebut leukositosis.

Leukopenia adalah keadaan dimana jumlah leukosit kurang dari 5000/µL darah. Karena pada hitung jenis leukosit, netrofil adalah sel yang paling tinggi persentasinya hampir selalu leukopenia disebabkan netropenia.

Hitung Jenis Leukosit

Hitung jenis leukosit digunakan untuk mengetahui jumlah berbagai jenis leukosit. Terdapat lima jenis leukosit, yang masing-masingnya memiliki fungsi yang khusus dalam melawan patogen. Sel-sel itu adalah neutrofil, limfosit, monosit, eosinofil, dan basofil. Hasil hitung jenis leukosit memberikan informasi yang lebih spesifik mengenai infeksi dan proses penyakit.  Hitung jenis leukosit hanya menunjukkan jumlah relatif dari masing-masing jenis sel. Untuk mendapatkan jumlah absolut dari masing-masing jenis sel maka nilai relatif (%) dikalikan jumlah leukosit total (sel/μl).

Untuk melakukan hitung jenis leukosit, pertama membuat sediaan apus darah yang diwarnai dengan pewarna Giemsa, Wright atau May Grunwald. Amati di bawah mikroskop dan hitung jenis-jenis leukosit hingga didapatkan 100 sel. Tiap jenis sel darah putih dinyatakan dalam persen (%).

Tabel 2. Hitung Jenis Leukosit

Jenis

Nilai normal

Basofil

0-1 %

Eosinofil

1-3%

Neutrofil batang

1-5 %

Neutrofil segmen

50-70 %

Limfosit

20-40%

Monosit

2-8%

Soal

  1. Sebutkan fungsi khusus sel leukosit dalam tubuh ?
  2. Sebutkan jenis – jenis sel leukosit berdasarkan morfologinya, dan jelaskan keadaan yang menyebabkan terjadinya peningkatan dan penurunan  masing – masing jenis sel leukosit tersebut?
  3.  Gambar dan jelaskan ciri – ciri dari masing – masing jenis sel leukosit ?
  4. Sebutkan kelainan kuantitas dari sel leukosit ? dan jelaskan faktor – faktor yang dapat menyebabkan kelainan tersebut?
  5. Jelaskan beberapa faktor teknis yang dapat menyebabkan kesalahan dalam hitung jumlah leukosit ?

Dibuat dalam kertas ukuran A4, maksimal 8 halaman, spasi 1,5, dikumpulkan dalam bentuk Hardcopy ke  Dosen Pengampu paling lambat 16 Juni 2012.  Terima kasih.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s